Cara mudah mendongkrak kesuburan

kesuburan wanitaBagi banyak pasutri, hamil adalah perkara mudah, tapi tidak bagi beberapa pasutri lain yang mengalami kesulitan untuk segera hamil.

Terkadang kesulitan tersebut berkaitan dengan masalah fisik yang khususnya seperti tersumbatnya saluran tuba falopii ( Saluran sel telur menuju rahim ) pada wanita atau rendahnya jumlah sperma pada pria, tetapi kedua masalah tersebut sebenarnya dapat diatasi dengan banyak metode antara lain inseminasi atau IVF.

Banyak problem lain yang sesungguhnya tidak bersifat medis yang justru menghambat. Berikut beberapa caa yang dapat dilakukan untuk mendongkrak kesuburan pasutri.

1. Makan Makanan

Sehat Diantara banyak sebab yang tak terjelaskan pada ketidaksuburan wanita adalah kegagalan ovulasi ( pelepasan sel telur ). Banyak dokter percaya bahwa sesungguhnya kunci utama masalah ini hanyalah diet atau pola makan.

Makanan yang bagaimana ?

- Asupan yang mengandung lemak tak jenuh seperti minyak zaitun, akan lebih baik disbanding sekedar lemak trans yang umunya terdapat dalam makana yang di panggang atau makanan cepat saji.

- Lebih banyak protein nabati (seperti kedelai) disbanding protein hewani.

- Lebih banyak serat, makanan rendah GI ( Glycemic Index) seperti sayuran, buah akan lebih baik dibanding karbohidrat dan gula.

2. Kontrol Berat Tubuh

Makan makanan sehat atau tidak, memelihara berat badan tetap kunci penting didalam meningkatkan kesuburan. Banyak penelitian yang menunjukan bahwa BMI yang rendah atau yang tinggi dapat mengakibatkan kegagalan ovulasi serta mempengaruhi produksi hormon tertentu.

3. Akupuntur

Metode terapi cina ini sangat ampuh meningkatkan kesuburan pasutri secara keseluruhan. Terkadang metode ini dikombinasikan dengan yoga untuk menangani stress.

4. Kurangi stress

Meskipun sampai saat ini hubungan stress dan kesuburan terus menjadi perdebatan, tetapi setidaknya sedikit apapun stress yang minmpa pasutri pasti akan mempengaruhi. Alice Domar, PhD dari Harvard Mind-Body Institute melalui penelitianya mengatakan bahwa wanita yang melalui terapi pengurangan tingkat stress secara signifikan akan meningkat kemampuan reproduksinya.

Mungkin terdengar konyol atau kekanak-kanakan, bahwa ternyata bergandengan tangan, memegang tangan pasangan saat berjalan

Cara mudah mendongkrak kesuburan

ads available