Perkembangan Janin Dalam Kandugan

Pada usia kehamilan kita seminggu yaitu setelah 8 hari setelah proses persenyawaan berlaku, blastocyst (kini mengandungi 200 sel) merembeskan mukus untuk memberitahu kehadirannya di dalam rahim.

Masuk minggu ke-2, blastocyst menggelembung dan sel-sel mula berkembang dan terbahagi kira-kira 2 kali sehari sehinggalah pada hari yang ke 12 jumlahnya telah bertambah dan membantu blastocyst terpaut atau disauh dengan kukuh pada endometrium.

Kemudian masuk minggu ke-3 setelah  proses persenyawaan berlaku, embrio terbentuk dan ukuranya hanyalah sepanjang 0.08 inci/2 mm. Gen janin awal akan terbentuk dalam 3 lapisan benih(sel) daripada organ badan yang akan bergabung.

kandungan 1 bulanPada minggu ke-4 berikutnya, janin kita sudah mulai membentuk struktur asas manusia dimana sel-sel mula bergabung dan pada masa itu embrio sudah mulai memanjang kira-kira 1/4 inci / 6 mm. Pada masa ini sudah kelihatan pembentukan otak dan tulang belakang serta anggota lain seperti jantung yang mengepam darah ke paru-paru dan aorta (urat besar yang membawa darah daripada jantung).

Embrio akan terus membesar sehingga pada minggu ke-5 didapati terdapat 3 lapisan iaitu ectoderm, mesoderm dan dan endoderm. Ectoderm adalah lapisan yang paling atas. Ianya akan membentuk sistem saraf pada janin tersebut yang seterusnya membentuk otak, tulang belakang, kulit serta rambut. Manakala lapisan mesoderm pula yang berada pada lapisan tengah akan membentuk organ penting yang asas iaitu jantung, buah pinggang, tulang dan organ reproduktif.

Selain itu, kita perlu tahu bahawa dalam pembentukkan janin ini, sistem peredaran darah adalah yang pertama terbentuk dan berfungsi. Akhir sekali ialah lapisan endoderm iaitu lapisan paling dalam yang akan membentuk organ dalaman seperti usus, hati, pankreas dan pundi kencing.

Pada minggu ke-6, pemeriksaan secara ultrasound dapat dilakukan, kita akan dapat melihat janin sudah membentuk kepala dan badan.

Setelah usia janin minggu ke-7, bentuk bayi semakin jelas terbentuk. Kepala bayi seolah-olah tertunduk dan berada dalam  air ketuban atau amnotic sac yang akan memberikan keperluan tumbesaran bayi semasa dalam kandungan.

janin 2 bulanPada saat usia kandungan kita minggu ke-8, Wajah bayi sudah mulai terbentuk antaranya pembentukan lubang hidung, bibir, mulut serta lidah. Matanya juga sudah kelihatan berada di bawah membran kulit. Pada masa ini juga anggota tangan serta kaki juga terbentuk walaupun tidak begitu jelas

Minggu ke-9 Pembentukan telinga sudah kelihatan pada masa ini. Dan yang paling mengembirakan bagi bakal ibu ialah pada saat inilah bayi kita sudah mulai mengerakkan anggota badannya.

Pada usianya masuk minggu ke-10, bayi kita sudah kelihatan seperti manusia yang lengkap. Pada minggu ini, payudara pun akan sedikit membengkak kerana cairan oestrogen dan progesterone sebagai persediaan untuk menyusui.

Pada usia kehamilan masuk minggu ke-11, bayi dalam kandungan akan mulai suatu proses pertumbuhan yang pesat dan mula mengangkat kepala ke atas jauh daripada dadanya. Alat kelamin luar terbentuk tetapi masih kecil sehingga sukar untuk melihat kelaminnya lelaki atau perempuan.

Jadi menjelang minggu ke-12 yaitu usia kehamilan 3 bulan, Sekarang bayi akan membesar dengan cepat. ukuran bayi dalam kandungan akan bertambah beberapa milimeter setiap hari. Wajahnya juga semakin jelas. Jari jemari kaki dan tangan mulai terbentuk termasuk telinga dan kelopak mata. Berat bayi pada masa ini adalah kira-kira satu aun (28g) dan panjangnya dalam 8 cm.

perkembangan janin 3 mingguMinggu ke-13, kepala bayi membesar dengan lebih cepat dari yang lain-lain. Badannya juga semakin membesar untuk mengejar pertumbuhan kepala. Berat bayi kita kini bisa mencapai sekitar 30g. Kuku kaki dan tangan juga mulai tumbuh. Pada masa ini Anda mungkin akan mengalami perubahan signifikan akibat perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh. Misalnya rembesan minyak menyebabkan wajah kita berbintik-bintik. Kita harus banyak minum air hangat / masak dan membersihkan muka paling tidak 2-3 kali sehari.

Masuk minggu ke-14 detak jantung bayi akan semakin kuat dan kita sudah bisa mendengarnya melalui tes pemindaian. Lajunya adalah 2 kali lipat kecepatan jantung kita. Pada masa ini bayi terlihat kurus karena belum ada lapisan lemak. Kulitnya juga sangat tipis sehingga kita dapat melihat saluran darahnya. Pada tahap ini juga biasanya ibu hamil akan mengalami masalah sembelit karena pergerakan usus cenderung diperlahankan saat hamil. Jadi hindari memakai pakaian yang ketat atau sendat agar Ibu berada dalam kondisi yang nyaman.
janin usia 4 bulanMinggu berikutnya yaitu minggu ke-15, bayi kita sudah mampu menggenggam tangannya dan mengisap ibu jari. Kelopak matanya masih tertutup dan akan terus tetap demikian hingga minggu ke-26. Meskipun begitu bayi bisa mengetahui perubahan cahaya ketika ini. Bayi kita juga sudah bisa menelan. Anda akan merasa perubahan yag signifikan karena garis pinggang kita akan mengembang dan jantung mulai berdetak 20% lebih cepat karena volume darah mengalir dalam badan telah meningkat. Jadi banyakkan olahraga singkat atau pun juga bisa melakukan aktivitas berenang untuk meringankan gejala kehamilan dan memberikan stamina manjadi lebih kuat ketika proses kelahiran kelak.

Minggu ke-16. Kehamilan pun kini sudah hampir 4 bulan. Pada waktu ini badan kita harus senantiasa sehat dan bertenaga. Bayi kita telah terbentuk sepenuhnya dan perlu diberikan nutrisi yang cukup oleh plasenta. Bayi kita mulai menerima nutrisi dari plasenta sejak minggu ke-14. Kini bayi dalam kandungan telah memiliki tulang yang kuat dan dia juga sudah bisa mendengar bunyi-bunyian untuk pertama kali.

Perkembangan Janin Dalam Kandugan

ads available